Kamis, 28 Juni 2018

Buku Tahunan Sekolah

Buku Tahunan Sekolah - Jika sobat sedang mencari contoh buku tahunan untuk referensi pembuatan buku tahunan, maka artikel berikut ini akan menjelaskan tentang definisi buku tahunan, persiapan apa saja yang diperlukan untuk mendesain buku tahunan dan contoh buku tahunan sekolah yang sudah jadi, semoga dapat membantu menginspirasi pembuatan buku tahunan yang akan sobat buat.

Pengertian Buku Tahunan Sekolah

contoh cover Buku Tahunan Sekolah
Contoh Cover Buku Tahunan Sekolah
Buku tahunan adalah salah satu bentuk media cetak sebagai buah tangan atau oleh-oleh untuk organisasi tertentu dan dapat juga berfungsi sebagai media promosi serta informasi. Buku tahunan  biasanya memuat foto, biodata, kesan dan pesan tentang komunitas tertentu yang didokumentasikan secara baik sebagai buku kenang-kenangan. Buku tahunan sekolah adalah buku tahunan yang dibuat untuk kenang-kenangan siswa / peserta didik satu angkatan yang akan lulus dari sekolah tersebut misalnya buku tahunan kelas 6 SD yang akan lulus, buku tahunan kelas 9 SMP yang akan lulus, kelas 12 SMK/ SMA dan mahasiswa tingkat akhir yang akan wisuda. Buku tahunan juga digunakan oleh komunitas lainnya seperti perusahaan dan kantor pemerintahan untuk kenang-kenangan pegawainya.

Membuat  Buku Tahunan Sekolah

Merencanakan Jumlah Halaman & Desain Sesuai Budget.

Untuk membuat buku tahunan kita dapat memulai Dengan mendata jumlah peserta sehingga dapat menentukan berapa halaman atau berapa lembar buku tahunan akan dicetak. Sebagai contoh untuk buku tahunan sekolah tingkat SMP maka kita dapat menghitung berapa jumlah siswa kelas 9 yang akan lulus, jumlah guru yang mengajar di sekolah dan jumlah tenaga kependidikan yang ada di sekolah.

Setelah mengetahui jumlah seluruh siswa, guru dan tenaga kependidikan maka langkah selanjutnya kita dapat menentukan jenis desain (satu orang per-halaman atau labih) untuk hasil jadi ketika dicetak di percetakan. Hal ini sangat penting dilakukan di awal rencana pembuatan buku tahunan sekolah karena akan berhubungan langsung dengan jumlah budget/ biaya yang akan dikeluarkan mulai dari desain sampai proses cetak.

Membuat desain halaman yang padat dengan content akan memperkecil pengeluaran biaya cetak di percetakan, namun memerlukan waktu pembuatan yang lebih lama dalam mendesain. Sebagai contoh jika jumlah peserta melebihi 200 orang maka sebaiknya desain per halaman memuat 2 orang untuk mempertimbangkan agar buku yang dicetak tidak terlalu tebal selain juga biaya cetak yang tinggi. Jadi untuk 200 orang dapat dibuat 100 halaman atau 50 lembar (bolak-balik).

Namun jika pengambilan gambarnya dilakukan secara berkelompok, misalnya satu kelompok terdiri dari 3 orang atau lebih tentu ini akan mengurangi jumlah halaman yang akan dibuat, namun keterangan yang dicantumkan seperti nama, tempat tanggal lahir, moto hidup, hobi, pesan dan kesan beserta keterangan lainnya dari foto tersebut tidak dapat terlalu banyak yang ditampilkan.

Menentukan Tema Buku Tahunan Sekolah

Tema buku tahunan adalah merupakan gagasan atau ide pikiran utama yang akan digunakan untuk mendesain buku tahunan, mulai dari pengambilan foto, pemberian efek background, jenis font dan warna yang akan dikombinasikan dalam sebuah halaman.

Tema buku tahunan sekolah dapat diterapkan menurut kelas atau disamakan satu angkatan. Idealnya tema buku tahunan dibuat per kelas sehingga setiap kelas memiliki keunikan tersendiri dan buku tahunan menjadi tidak monoton dengan satu tema yang sama.

Dalam pemilihan tema hendaknya diperhatikan antara kesesuaian kostum dan background yang akan digunakan, kecuali sobat mengambil tema anti mainstream yang berarti berbeda atau di luar kebiasaan dari yang sewajarnya kita lihat di keseharian kita.Berikut ini adalah contoh tema buku tahunan sekolah yang dapat dipilih untuk diterapkan dalam pembuatan buku tahunan:
  • Tema buku tahunan outdoor
Tema outdoor atau luar ruangan ini dapat diambil pada tempat-tempat wisata atau lokasi yang memiliki view yang bagus secara fotografi. Foto ini juga dapat diambil di lingkungan sekolah seperti di halaman, kebun sekolah atau di lapangan.
  • Tema buku tahunan indoor
Tema indoor dapat diambil pada ruangan kelas dengan teknik pengambilan gambar dan pose photo yang menarik. Pengambilan gambar di dalam ruangan dapat dipercantik dengan tambahan desain ruangan yang unik, modern atau klasik. Pemilihan tema ini cukup mudah dilakukan karena tidak memerlukan keluar sekolah untuk pengambilan fotonya sehingga dapat dilakukan kapan saja selama pembelajaran kosong atau waktu istirahat.
  • Tema buku tahunan garden party
Tema Garden Party dapat dipilih jika sobat menginginkan suasana pesta di kebun layaknya pesta pernikahan, pesta ulang tahun atau pesta perayaan lainnya sehingga perlu dipersiapkan peralatan yang mendukung suasana pesta tersebut selain juga pemilihan taman yang akan digunakan untuk pengambilan foto.
  • Tema buku tahunan urbanity
Sesuai dengan namanya, tema buku tahunan sekolah urbanity ini adalah penggambaran kehidupan kota. Kebanyakan yang diangkat dari tema urbanity adalah kehidupan kota anak remaja. Tema urbanity ini identik dengan lokasi foto buku tahunan sekolah di jalan raya
  • Tema buku tahunan anti mainstream
Tema anti mainstream biasanya dapat kita jumpai pada foto foto yang kreatif dalam pengambilan gambarnya baik dari segi media maupun teknik pengambilan fotonya. Contoh tema mainstream adalah foto dengan memegang bulan/ matahari di tangan, foto memasak di supermarket, berenang di jalan raya dan masih banyak lagi yang lainnya.
  • Tema buku tahunan main warna
Tema buku tahunan dengan kombinasi warna cat / pilox dapat dilakukan pada area indoor atau outdoor. Selain dengan cat atau pilox kita juga bisa menambahkan spidol warna untuk membuat kreasinya. Untuk menggunakan tema ini kita harus berkreasi dengan berkotor kotor, sehingga perlu menyiapkan baju khusus untuk di "korbankan" (dikotori dengan warna) dengan cat atau media lain yang memberikan banyak warna.
  • Tema buku tahunan poster film
Contoh tema poster film dapat kita lihat langsung dari tampilan poster poster film yang biasa terpampang pada billboard di pinggir jalan yang biasanya merupakan media publikasi untuk bioskop tentang film yang akan tayang pada hari dan tanggal tertentu. Pengambilan foto untuk tema ini biasanya diambil dalam suatu adegan atau potongan film sehingga memiliki narasi dari gambar yang kita lihat.
  • Tema buku tahunan teknologi
Tema berkaitan dengan teknologi dapat dibuat dengan pengambilan foto dengan media teknologi maupun penggunaan background dengan image alat-alat teknologi dan gaya hidup yang berkaitan dengan zaman milenial.

Aplikasi untuk membuat buku tahunan

Buku tahunan merupakan kumpulan dari foto-foto yang biasanya di desain dengan aplikasi grafis berbasis bitmap. Hal ini disebabkan kebutuhan akan kecerahan dan warna foto untuk dapat mendekati warna aslinya sehingga gambar yang dihasilkan memuaskan dan hal ini dapat diperoleh hanya dengan menggunakan aplikasi grafis berbasis bitmap. Berbeda dengan aplikasi grafis berbasis vektor yang tidak memberikan warna yang maksimal untuk hasil editan sesuai dengan gambar aslinya.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang aplikasi yang digunakan untuk pengolahan foto berbasis bitmap dapat dilihat pada artikel mengenal desain grafis berbasis bitmap dan vektor. Dan salah satu aplikasi yang sangat direkomendasikan adalah untuk mengedit project buku tahunan adalah adobe photoshop.

Berikut ini contoh buku tahunan yang diedit menggunakan adobe Photoshop:
contoh buku tahunan
Contoh buku tahunan 1 halaman 1 foto
contoh buku tahunan 2
Contoh buku tahunan sekolah kelas

contoh buku tahunan 3
Contoh buku tahunan foto guru dan karyawan
Demikianlah sharing yang dapat saya bagikan contoh artikel buku tahunan sekolah, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon