Senin, 03 April 2017

Mencari Nisn Berdasarkan Nama Sekolah Dasar | Pencarian NISN Berdasarkan Nama Tempat Tanggal Lahir

Cara Mencari Nisn Berdasarkan Nama Siswa & Sekolah Dasar

Nomor Induk Siswa Nasional merupakan nomor identitas siswa yang diberikan oleh kemendikbud yang bersifat unik, standar dan dipakai selamanya yang digunakan untuk membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di semua satuan pendidikan, baik di Indonesia maupun di Luar Negeri. NISN hanya dikeluarkan kepada siswa yang mengikuti pendidikan di sekolah yang telah mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) yang berarti telah terdaftar di database Referensi Kemendikbud. 

Untuk mendapat nomer NISN siswa harus sudah terdata dalam aplikasi Dapodik sekolah dasar atau sekolah yang setara pada satuan pendidikan tempat mereka belajar. Sejak beberapa tahun belakangan ini aplikasi dapodik merupakan satu satunya data yang menjadi rujukan kementrian pendidikan nasional. Sistem pengelolaan NISN secara nasional dilakukan oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Untuk melihat nomer NISN seluruh sisawa yang ada bisa diakses secara terbuka lewat situs NISN (http://nisn.data.kemdikbud.go.id./).


Pencarian NISN Berdasarkan Nama Tempat Tanggal Lahir

Dalam situs tersebut terdapat pencarian berdasarkan NISN  & Nama. Untuk pencarian nama diperlukan field isian tempat lahir dan tanggal lahir. Kemudian klik tombol "Cari" untuk melihat hasil pencarian.


pencarian nisn berdasarkan nama tanggal lahir

Karena NISN berlaku selamanya maka ketika siswa melanjutkan sekolah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi maka nomer NISN pun digunakan pada level selanjutnya, seperti di jenjang SMP/ MTs atau SMA /MA yang menggunakan data NISN dari sekolah dasarnya yang dituliskan pada lembar ijazah.

Pengalaman dilapangan biasanya banyak dari siswa / walimurid yang tidak bisa menunjukan nomer NISN ini karena berkas kartu NISN maupun ijazah yang tidak ada dikarenakan berkas tidak tersimpan dengan benar dan menyebabkan hilang atau terselip dengan dokumen lain, sedangkan nomer tersebut dibutuhkan untuk validasi peserta didik pada aplikasi dapodik di sekolah selanjutnya.


Mencari Nisn Berdasarkan Nama Sekolah Dasar

Hal yang paling mungkin untuk mendapatkan kembali nomer NISN adalah menghubungi kembali sekolah sebelumnya jika tidak bisa melakukan pencarian sendiri  untuk menanyakan copyan berkas alumni, atau melalui operator dapodik yang memiliki akses ke situs http://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id pada menu mutasi siswa dapat dilihat dikolom pencarian berdasarkan nama sekolah dasar.

Mencari Nisn Berdasarkan Nama Sekolah Dasar
Pada halaman tarik data siswa diatas terdapat 2 opsi tarik data yaitu jenis siswa baru atau pindahan/mutasi. Untuk operator smp maka akan muncul pencarian siswa termasuk NISN berdasarkan nama sekolah dasar pada opsi tarik data siswa baru. Tetapi jika opsi pencarian pindahan/ mutasi akan keluar nama nama smp yang lain. Pada proses pencarian ini akan ditampilkan data siswa:

Nama
L/P
NISN
Tanggal Lahir
Ibu Kandung
Rombongan Belajar
Tanggal Lulus

Namun perlu di pahami bahwa proses tarik data baru bisa dilakukan jika data siswa tersebut sudah dikeluarkan dari data dapodik sekolah sebelumnya, baik yang lulus maupun pindah sekolah. Jika data belum dikeluarkan maka data siswa masih terkunci dan hanya tampil saja.

Berikut ini Manfaat Pentingnya Nomor NISN :

  • Identitas unik siswa di seluruh sekolah se-Indonesia sehingga tidak terjadi data ganda.
  • Merupakan id master data siswa di server kemendikbud dalam pengolahan berbasis teknologi informasi.
  • Merupakan pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN.

Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon