Sabtu, 29 Juli 2017

Belajar Desain Grafis, Mengenal Grafis Berbasis Vektor dan Bitmap | Materi Pembelajaran TIK SMA Kelas 12 KTSP

Mengenal Grafis Berbasis Vektor dan Bitmap

Desain grafis adalah merupakan suatu bentuk komunikasi visual dengan menggunakan gambar dan teks untuk menyampaikan pesan dan informasi yang dibuat seefektif mungkin dengan desain yang ditampilkan merupakan salah satu materi pembelajaran yang diajarkan di sekolah menengah atas (SMA) yang masih menggunakan kurikulum 2006 atau KTSP.

Dalam desain grafis, kita mengenal image atau gambar yang berbasis vektor dan bitmap yang pada dasarnya gambar-gambar tersebut muncul pada layar komputer kita sebagai objek yang tersusun dari koordinat koordinat sumbu x dan y yang ditampilkan melalui monitor.
Mengenal Grafis Berbasis Vektor dan Bitmap

Pengertian Grafis Berbasis Vektor

Image berbasis vektor adalah image yang tersusun atas garis-garis dan rumus perintah matematika yang merupakan pengembangan dari image grafis berbasis bitmap yang dimana image jenis bitmap ini masih tergantung pada banyaknya pixel yang membentuk image tersebut dan kondisi monitor yang digunakan.

Format File Untuk Image Vector

  • EPS adalah singkatan dari Encapsulated PostScript yang merupakan tipe format file untuk image vektor yang paling umum digunakan dan merupakan format standar untuk industri percetakan, aplikasi Adobe Illustrator dan corelDRAW versi terbaru memiliki hubungan yang baik untuk jenis format file baik untuk impor atau export aplikasi yang lain memiliki keterbatasan baik hanya membaca saja atau mengeditnya menjadi file baru.
  • SVG adalah singkatan dari Scalable Vector Graphics. Format file ini dapat digunakan di aplikasi travis Inkscape, adobe Illustrator terbaru dan corel Draw
  • PDF adalah singkatan dari portable document format yang sangat umum digunakan oleh masyarakat luas untuk penggunaan banyak format dokumen
  • AI adalah sebuah format file yang dihasilkan dari aplikasi Adobe Illustrator yaitu Adobe Illustrator Artwork yang merupakan format file modifikasi dari format file EPS
  • Dxf adalah singkatan dari drawing exchange format, format file dari aplikasi computer aided design atau yang sering kita kenal autoCAD yang merupakan suatu program komputer yang digunakan untuk menggambar produk baik 2 dimensi ataupun tiga dimensi


Program aplikasi berbasis vektor yang umum digunakan diantaranya adalah Corel Draw, Inkscape, Adobe Freehand, Adobe Illustrator, AutoCAD dan Micrografx Designer

Pengertian Grafis Berbasis Bitmap

Sedangkan image berbasis bitmap merupakan file image memiliki kualitas yang menyesuaikan dengan jumlah node, titik atau pixel yang membentuk gambar tersebut dalam satuan cm atau inci. Sebagai contoh desain grafis berbasis bitmap dengan ukuran 300 mega pixel per inchi / 300MP, maka dapat diketahui bahwa grafis tersebut memiliki 300000000 node, titik atau pixel dalam luas satu inci.

Sebagaimana kita menemukan ukuran kamera pada perangkat seperti smartphone dan kamera digital dengan ukuran megapixel yang semestinya semakin besar spesifikasi pixel sebuah kamera akan menghasilkan sebuah gambar yang berkualitas tinggi sehingga image dapat diperbesar dengan jelas.

Namun jika kita menggunakan kamera dengan spesifikasi resolusi yang rendah maka kita akan mendapatkan hasil jepretan kamera dengan kualitas gambar yang buruk sehingga gambar tersebut tidak bisa ditampilkan dalam bentuk diperbesar karena gambar akan menjadi blur.

Format File Untuk Image Bitmap

Format file untuk image berbasis bitmap memiliki banyak sekali jenis format, namun yang paling umum digunakan adalah JPEG, PNG, Gif, BMP dan TIFF yang secara umum dikategorikan menjadi dua jenis yaitu Lossy format dan lossless format.

  • JPEG/JPG adalah singkatan dari join fotografer expert Group yang merupakan salah satu format file bitmap yang paling populer digunakan. Format file ini memiliki kompresi yang sangat bagus.
  • PNG adalah singkatan dari portable Network graphic yang juga banyak digunakan oleh masyarakat luas karena memiliki kelebihan dapat dibuka oleh sebagian besar web browser dan aplikasi image editor atau viewer. Format PNG juga sangat direkomendasikan untuk menyimpan file vector ke dalam bitmap seperti logo dan gambar yang menghilangkan background putih dari sebuah file jPG atau yang lain dengan hanya menampilkan bagian yang terpakai dari sebuah logo atau gambar
  • BMP adalah singkatan dari bitmap itu sendiri

Program aplikasi berbasis bitmap yang umum digunakan diantaranya adalah Adobe Photoshop, Corel Photo Paint, Microsoft Photo Editor, GIMP dan Adobe Fireworks.

Perbedaan Grafis Vektor dan Bitmap

Perbedaan grafis vektor dan bitmap adalah pada hasil kualitas gambar yang dihasilkan yaitu jika ukuran image berbasis vektor diperbesar maka hal ini tidak akan mempengaruhi kualitas gambar yang dihasilkan tetapi jika kita memperbesar ukuran image berbasis bitmap maka kualitas gambar akan berubah menjadi lebih kecil sehingga terlihat tidak jelas atau blur.

Vector:
  • Gambar tetap jelas ketika diperbesar atau bersifat scalable
  • Tersusun oleh garis dan kurva
  • Ukuran file yang dihasilkan kecil
  • Kualitas grafis tidak bergantung pada banyaknya pixel
  • Warna dan bentuk gambar kurang natural

Bitmap:
  • Gambar kurang jelas ketika diperbesar
  • Tersusun atas titik-titik node atau pixel
  • Ukuran file yang dihasilkan relatif lebih besar
  • Kualitas grafis tergantung dari banyaknya pixel
  • Warna dan bentuk gambar terlihat lebih natural atau asli
Setelah memahami pembahasan diatas bisa kita lihat ada kelebihan dan kekurangan file vector dan file bitmap, teman-teman dapat menilai dan memilih file jenis apa yang lebih cocok untuk digunakan oleh teman-teman. Sedangkan untuk memilih aplikasi yang kita gunakan bisa melihat jenis file apa yang akan kita buat dan tentunya aplikasi mana yang lebih familiar buat kita gunakan karena yang namanya sebuah desain menurut saya merupakan sebuah karya seni yang bisa didapatkan oleh orang yang memiliki jiwa seni yang bagus, jadi walaupun teknik dan aplikasi yang digunakan sama tentunya hasil yang dikeluarkan akan berbeda setiap orang.

Demikianlah Uraian singkat tentang Desain grafis untuk mengenal grafis berbasis vektor maupun bitmap Semoga bisa memberikan pemahaman bagi teman-teman yang sedang belajar desain grafis. Dalam artikel selanjutnya akan dibahas tentang bagaimana cara menggunakan aplikasi Photoshop maupun CorelDraw yang merupakan aplikasi paling umum digunakan.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon