Selasa, 03 Juli 2018

Cara Melihat Kode Registrasi Dapodik Online 2018 Di Website sdm.data.kemdikbud.go.id

Cara Melihat Kode Registrasi Dapodik - Jika anda sedang mencari kode registrasi sekolah untuk aplikasi dapodik karena lupa atau karena ganti operator sekolah, maka pada ulasan dibawah ini akan dijelaskan prosedur cara mendapatkan kode registrasi sekolah baru atau lupa kode registrasi.

Kode registrasi sekolah adalah nomor unik yang diberikan oleh kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kepada satuan pendidikan (sekolah) mulai dari jenjang PAUD, SD, SMP dan SMA/ SMK untuk dapat menggunakan atau mengakses halaman yang berkaitan dengan data pokok pendidikan (dapodik) yang terdapat pada server dinas pendidikan pusat mulai dari data siswa, data pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) atau guru dan tenaga kependidikan (GTK) dan data sekolah secara keseluruhan.

Kode registrasi sekolah baru dapat di minta melalui dinas pendidikan kabupaten / kota setelah sekolah memiliki nomor pokok sekolah nasional (NPSN) yang diterbitkan oleh kementrian pendidikan nasional. Sekolah juga dapat mengajukan langsung ke kemendikbud dengan rekomendasi dinas pendidikan kabupaten / kota.

Kode registrasi menjadi sangat penting karena berkaitan dengan eksistensi data sekolah yang akan selalu diupload ke server Pusat pada setiap semester, di mana program pemerintah akan dilaksanakan berdasarkan data yang masuk pada server Dapodik seperti dana Bantuan Operasional Sekolah atau dana BOS, tunjangan sertifikasi guru, tunjangan profesional dan program bantuan lainnya.

Data pokok pendidikan atau Dapodik juga mencakup data nilai siswa, data siswa yang mengikuti ujian nasional, data mutasi siswa, data mutasi guru, data jumlah jam mengajar guru, data guru yang mendapat tugas tambahan seperti kepala sekolah, wakil kepala sekolah, kepala laboratorium dan jabatan lainnya serta riwayat mengajar guru. Dalam data pokok pendidikan juga memuat lengkap profil sekolah mulai dari luas tanah, luas bangunan, jumlah kelas, jumlah rombongan belajar, kurikulum yang digunakan, sumber listrik, sumber air dan lain sebagainya termasuk kelengkapan fasilitas sekolah.

Begitu pentingnya Dapodik maka kode registrasi yang merupakan salah satu kunci masuk ke halaman website kementerian Pendidikan dan Kebudayaan harus dijaga dari penyalahgunaan pihak-pihak yang bertanggung jawab ataupun hilang atau lupa sehingga tidak bisa masuk ke halaman tersebut.

Nah jika anda sedang mencari tahu tentang kode registrasi karena lupa atau karena ganti operator sekolah, maka berikut ini cara untuk melihat kode registrasi sekolah pada halaman SDM data Kemendikbud. Namun sayangnya di tahun 2018 ini koreg dapodik ini hanya ditampilkan untuk jenjang menengah yaitu SMK/SMA, sedangkan untuk jenjang SMP dapat menghubungi operator dinas pendidikan kabupaten / kota dan helpdesk kementrian.

Cara Melihat Kode Registrasi Dapodik SMK/SMA

Halaman SDM data Kemendikbud dapat diakses melalui sdm.data.kemdikbud.go.id dengan login menggunakan username / email dan password yang terdaftar.
halaman login sdm.data.kemdikbud.go.id
sdm.data.kemdikbud.go.id
Setelah login masuk kehalaman beranda, disebelah kanan atas halaman terdapat dropdown akun, pilih menu profil untuk melihat kode registrasi.
 
Dalam profil pengguna terdapat detail keterangan user dan tombol untuk melihat kode registrasi

 Kode registrasi dapodik akan tampil beserta nomer NPSN dan nama sekolah


Demikianlah Cara Melihat Kode Registrasi Dapodik Online 2018 Di Website sdm.data.kemdikbud.go.id, semoga bermanfaat.


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon