Rabu, 05 April 2017

Resep Jajanan Anak Sekolah Terlaris

Di era globalisasi ini persaingan dalam dunia usaha sangatlah ketat, ditambah dengan terus melonjaknya harga kebutuhan pangan dan juga komoditas komoditas yang lain. tetapi masih banyak peluang usaha yang sangat menggiurkan salah satunya peluang usaha jajanan unik yang memang selalu hits dikalangan masyarakat dari dulu sampai sekarang. Peluang usaha jajanan anak sekolah unik ini bisa dilakukan baik di lingkungan sekolah sekolah maupun di lingukungan civitas yang lain. berikut ini adalah beberapa resep jajanan unik yang menguntungkan. Contoh jenis jajanan yang unik, baik ringan maupun olahan. Bisnis rumahan dan murah meriah ini bisa di jalankan sebagai bisnis utama maupun usaha sampingan.

1. Cilok / Bakso kojek

Resep Jajanan Anak Sekolah Terlaris
 
Mengingat tentang jajanan masa masa kecil dulu jaman SD, jadi merasa kangen ingin lagi merasakan jajanan jaman dulu sewaktu kecil. Salah satu jajanan favorit anak – anak jaman dulu yaitu cilok atau bisa juga disebut bakso kojek. Bakso KW 1 tanpa daging dengan tekstur yang kenyal dan gurih disajikan biasanya dengan saus kacang dan juga bisa dengan saus biasa. Hemmmm.. jadi  sangat merindukan jajanan SD yang satu ini. Tapi daripada hanya sekedar kangen yang tak tergapai mending coba bikin sendiri aja dirumah, ga susah ko bikinnya asal bahan-bahannya sudah tersedia..hehe.. berikut dibawah ini resep membuat cilok atau bakso kojek.. cekidot

Bahan-bahan

Bahan adonan
- 150 gram tepung terigu
- 150 gram tepung kanji
- 1 bungkus penyedap rasa ( royko atau masako )
- 1 sendok teh merica bubuk
- 2 siung bawang putih yang di haluskan
- Daun bawang secukupnya ( di iris/slice )
- 250 ml air panas
Bahan saus kacang
- 150 gram kacang tanah
- 2 siung bawang putih
- 4 siung bawang merah
- Saus sambal botolan
- Garam, gula merah dan kccap manis
- Air asam jawa
- Air matang dan minyak sayur

Langkah – langkah pembuatan
1. Campur rata terigu, kanji dan penyedap rasa, merica bawang putih dan daun bawang. Tambahkan air panas dan aduk dengan spatula. Kemudian uleni hingga kalis dengan tangan agar tidak lengket taburi tangan dengan tepung kanji. Kemudian diamkan adonan selama 15 menit. Ambil sedikit adonan dan bentulah bulatan, lakukan hingga adonan abis.
2. Kemudian rebus didalam air mendidih. Ketika bakso / cilok  terapung artina sudah makan. Angkat dan tiriskan.
3. Saus kacang : sangrai kacang tanah hingga matang ( Boleh juga digoreng ) lalu haluskan kacang dan bawang putih serta di tambah dengan air seperlunya  dengan cara di blender atau juga bisa dengan cara manual di ulek. Kemudian tumis bawang merah, lalu masukan kacang yang sudah dihaluskan tadi serta di beri garamm dan air asam jawa secukupnya sambil di icip icip hingga rasanya sesuai dengan selera.
4. Sajikan bersama saus kacang. Atau juga bakso / ciloknya di goreng agar rasanya krenyes krenyes maknyooosss....

2. Seblak Basah

Resep Jajanan Anak Sekolah Terlaris 2

Seblak begitu populer di daerah asalnya yaitu Jawa Barat terutama kota Bandung dan sekitarnya. Jika kita kebetulan lewat ke kota kembang tersebut tak ada salahnya untuk menyempatkan diri mencicipi kelezatan seblak basah pedas yang sangat menggoda selera. Uucchhh jadi ngiler nihhhh.....
Pecinta kuliner mungkin banyak yang sudah menjajal kudapan yang satu ini, namun bagaimana jika kita tinggal di luar wilayah Jawa Barat dan tidak terdapat penjual seblak? Jangan khawatir, kita bisa membuatnya sendiri dengan bahan-bahan yang mudah diperoleh. Berikut ulasannya.

Bahan Resep Seblak Basah Bandung
- 1 genggam kerupuk kanji mentah, kurang lebih 50 gram.
- Bahan pelengkap, bisa pilih salahsatunya atau dikombinasikan. Disini kita memilih bakso dan sosis sebagai pelengkapnya. 1 buah sosis dan 2 butir bakso sapi ukuran sedang diiris agak tipis.
- 1 butir telur ayam dikocok lepas.
- 1 tangkai daun bawang, potong kecil-kecil.
- 1 tangkai seledri, cincang.
- Bawang goreng secukupnya (untuk taburan).
- Garam dan penyedap rasa secukupnya.
- Kecap manis secukupnya.
- Minyak goreng untuk menumis.
Bumbu yang Dihaluskan :
- 5 buah cabai rawit (bisa lebih atau kurang tergantung selera).
- 2 siung bawang merah.
- 1 siung bawang putih.
- 1 butir kemiri (jika suka).
- Kencur, kurang lebih seukuran ujung jari.

Cara Membuat Seblak Basah Telor Khas Bandung
1. Didihkan air dan rendam kerupuk mentah hingga lumer, angkat kemudian tiriskan dan beri sedikit minyak goreng agar tidak saling menyatu, aduk rata dan sisihkan.
2. Ulek bumbu-bumbu yang harus dihaluskan, panaskan wajan dan tumis bumbu yang sudah halus sampai harum.
3. Masukkan bakso dan sosis yang sudah diiris,daun bawang dan seledri, aduk rata.
4. Masukkan kerupuk yang sudah dilumerkan tadi, aduk lagi.
5. Masukkan telur kocok dan aduk agak cepat agar telur tidak menggumpal.
6. Beri sedikit air dan bubuhkan garam beserta penyedap rasa secukupnya.
7. Biarkan sebentar sampai air agak berkurang kemudian bubuhkan sedikit kecap manis untuk memperkuat rasa dan aduk sampai air benar-benar mengering.
8. Tuangkan ke mangkuk atau piring saji dan taburkan bawang goreng diatasnya.
9. Seblak basah pedas gurih siap disajikan dan santaplah selagi panas.

3. Siomay batagor 

Resep Jajanan Anak Sekolah Terlaris 3

Satu lagi nih jajanan yang murah meriah tapi rasanya yang tidak bisa di remehkan, yaitu siomay batagor yang tidak hanya digemari oleh anak anak saja tapi juga digemari oleh semua kalangan baik remaja hingga orang dewasa, dari mulai direktur perusahaan hingga guru honorer yang lagi tanggal tua..hehehe

Berikut ini resep sajian siomay batagor yang maknyoooss....
Bahan-bahan
- 500 gram Ikan Tongkol
- 500 gram Tepung Terigu
- 5 siung Bawang Putih
- secukupnya Daun Bawang
- secukupnya Merica (Lada) Bubuk
- secukupnya Masako
- secukupnya Gula Pasir
- secukupnya Garam
- 2 bungkus Kulit Pangsit
- 250 gram Kacang Tanah
- 1 bungkus Santan
- 3 siung Bawang Putih
- 6 siung Bawang Merah
- 2 biji Cabai (Cabe) Merah Besar
- secukupnya Gula Pasir
- secukupnya Garam
- secukupnya Jeruk Sambel

Langkah langkah pembuatan
1. Siapkan bahan2 untuk saos kacangnya. haluskan bawang merah, bawang putih, cabe merah besar. kacang di goreng dan di blender halus.

2. Tumis bumbu yang sudah di haluskan beserta kacang yang sudah di blender, tambahkan air. setelah mendidih masukkan santan. tunggu sampai meletup2 lalu angkat.
3. Siapkan bahan2 untuk pembuatan siomay batagor yang dimulai dengan memasukkan tepung terigu, daging ikan tongkol, bumbu bawang putih yang sudah di haluskan, daun bawang, gula, garam, merica bubuk, masako aduk2 sampai rata kemudian tambahkan air sampai kekentalannya pas.
4. Olesi cetakan dengan minyak kemudian masukkan adonan siomay yang sudah di bungkus dengan kulit pangsit. kemudian kukus hingga matang. setelah matang sebagian bisa di goreng dan sebagiannya tidak di goreng.

Demikianlah Resep Jajanan Anak Sekolah Terlaris semoga bermanfaat

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon