Senin, 10 Juli 2017

Cara Membuat Video Pembelajaran SD/ SMP/ SMA/ SMK Praktis Secara Online dan Gratis

Cara membuat video pembelajaran SD/ SMP/ SMA/ SMK praktis secara online dan gratis di website www.powtoon.com akan di jelaskan lebih detainya menggunakan video tutorial di akhir artikel ini, semoga bisa menjadi referensi buat rekan guru dan pengajar civitas akademik diseluruh sekolah indonesia.

Peningkatan mutu pendidikan nasional yang ditandai dengan pelaksanaan kurikulum nasional (kurnas) yang sebelumnya bernama Kurtilas (kurikulum 2013) mengharuskan guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam proses kegiatan belajar mengajar di sekolah.  Dalam kurikulum nasional juga dituntut proses pembelajaran yang mengacu pada keaktifan peserta didik yang lebih besar daripada ke aktifan guru dalam memberikan materi pembelajaran, namun tidak mengurangi kualitas penyampaian materi yang telah di rumuskan dalam silabus perangkat pembelajaran.

Baca Juga Cara Membuat Video Presentasi Dari Ms. PowerPoint

Dengan demikian setiap guru mata pelajaran (mapel) atau bidang studi diharuskan dapat membuat Rencana Program Pembelajaran (RPP) yang memenuhi kriteria sebagai perangkat pembelajaran yang menarik dan tepat sasaran. Diantaranya adalah penggunaan media pembelajaran multimedia berbasis teknologi informasi atau IT yang menjadi salah satu ciri kurikulum nasional dimana siswa dan guru menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam setiap pembelajaran dengan harapan semua civitas akademik dalam lingkungan sekolah melek teknologi alias tidak gagap teknologi (gaptek).

Hal ini bisa kita lihat juga dari ketetapan dinas pendidikan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang menetapkan bahwa mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi atau TIK tidak diikutsertakan dalam mata pelajaran pokok sebagaimana ada di kurikulum 2006 / KTSP. Dengan demikian disini semua civitas akademik dianggap sudah familiar dan mampu untuk menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, sehingga pembelajaran langsung terintegrasi dengan TIK, walaupun sebenarnya pada tataran aplikasi di lapangan ini masih terlalu dini untuk sebagian masyarakat indonesia  yang secara kemampuan ekonomi menengah kebawah yang barang kali di lingkungan rumahnya belum banyak menggunakan TIK khususnya Komputer/ Laptop dan internet sehingga masih jauh dari harapan.

Salah satu media pembelajaran berbasis TIK adalah penggunaan Video Pembelajaran baik berupa presentasi, video tutorial atau film dapat di jadikan media pembelajaran yang menarik dan tepat sasaran untuk menyampaikan materi materi pelajaran.

Media belajar dalam bentuk Video bisa diterapkan untuk semua bidang studi seperti:PKN, Pendidikan Agama, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA (KIMIA, Fisika, Biologi),  IPS (sejarah, ekonomi, geografi), seni budaya, olah raga, prakarya / ketrampilan dan mata pelajaran muatan lokal.

Kendala yang umum dijumpai adalah sekolah harus menyiapkan sarana yang cukup untuk seluruh kelas agar pembelajaran berbasis TIK bisa terlaksana dengan baik serta upgrading kemampuan guru untuk membuat video pembelajaran.

Nah oleh karena itu artikel ini salah satunya bertujuan untuk memberikan tutorial bagaimana cara membuat video pembelajaran yang mudah dan cepat yang bisa di lakukan secara online dan free.

Berikut ini langkah langkah yang harus dilakukan untuk membuat video pembelajaran di situs powtoon.com:

  • Buka www.powtoon.com 
  • Sign UP mennggunakan account google atau facebook
  • Pilih jenis presentasi / video
  • Pilih jenis template animasi yang akan digunakan
  • Berikan nama file yang akan dibuat
  • Edit template dengan materi yang sudah kita siapkan (Text, Gambar atau Audio Video)
  • Simpan hasilnya kemudian download videonya
  • Selesai

Video Cara Membuat Video Pembelajaran di Powtoon



Demikianlah Cara Membuat Video Pembelajaran SD/ SMP/ SMA/ SMK Praktis Secara Online dan Gratis, semoga bermanfaat.

Silakan Share Jika Bermanfaat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon