Senin, 03 April 2017

JAJANAN ANAK SEKOLAH PALING LARIS

JAJANAN ANAK SEKOLAH PALING LARIS Saat Ini

Dalam masa - masa sekolah terdapat suatu kebiasaan anak – anak murid yang selalu terjadi pada saat bel istirahat berbunyi. Yups, tidak patut dipungkiri lagi “ Jajan “ sebuah aktifitas transaksi jual beli yang selalu bahkan menjadi keadaan yang ditunggu tunggu bagi anak – anak sekolah di waktu senggang/istirahatnya.

Anak – anak sekolah dalam melaksanakan aktifitas jajan sering kali membutuhkan waktu lebih lama berfikir untuk jajanan yang dibelinya dibandingkan berfikir untuk belajar. (hehehe tidak semua sih)

Jajanan sekolah setiap tahunnya terdapat banyak variasi. Terkadang penjual sering kali mengadopsi dari jenis makanan ringan daerah atau bahkan makanan khas negara lain yang selebihnya divariasikan dengan selera dan lidah orang Indonesia. Yang terpenting penjual (Produsen) dapat menjualkan jajanannya dengan harga standar anak – anak sekolah.

Membicarakan tentang jajanan anak sekolah paling laris dalam lingkungan sekolah kita harus mengetahui kriteria atau aspek apa saja yang menjadikan jajanan atau makanan anak sekolah itu laris ataupun laku dibelikan oleh kaum pelajar.

Penulis coba menuangkan beberapa aspek saja sekira yang mungkin secara garis besarnya saja yakni dari bentuk, harga, jumlah dan rasa.

1.    Bentuk

Dalam dunia anak – anak sekolah dan mungkin pada orang lain umumnya. Bentuk merupakan bagian awal yang harus dipikirkan karena seseorang akan cepat tergoda jika sajian jajanannya berbentuk unik dibandingkan dengan penyajian yang biasa saja. Apalagi bagi para kaum hawa jika penampilan jajanan tersebut terlihat menarik mereka akan semakin cepat tergoda.
Tetapi berbeda bagi kaum adam, bentuk tidak menjadi suatu kepentingan. Jajanan yang disajikan secara biasa dan sederhana sudah cukup, ataupun hanya bermodalkan plastik bening ukuran kecil atau ¼ saja sudah cukup. Tidak bertele – tele (Gak mau ribet).
Dalam hal ini produsen/penjual tetap akan memperhatikan ini karena melihat (dunia visual) lebih mudah membuat orang ataupun anak – anak sekolah lebih cepat tertarik apalagi dengan tampilan yang banyak warna pasti semakin cepat tergoda khususnya anak – anak sekolah yang masih duduk di bangku SD.

2.    Harga

Jajanan anak sekolah yang cepat dan paling laris adalah jajanan dengan harga penjualan ukuran uang jajan anak sekolah atau relatif murah sekitaran 1000 – 5000 rupiah.

Selain bentuk yang cepat menggoda anak sekolah yang kedua ini tidak kalah pentingnya adalah harga. Setelah merasa tertarik dengan jajanan tersebut anak – anak sekolah akan langsung menanyakan harganya berapa. Jika harga jajanan tersebut sesuai dengan buget di kantong pasti dengan segera mereka membelinya. Karena anggapan mereka terkadang masih sangat simple harganya murah.

3.    Jumlah

Jumlah disini penulis mengaitkannya dengan ukuran banyak atau sedikit. Dengan sajian yang banyak ini cenderung lebih menarik perhatian kaum pelajaran yang laki – laki. Karena prinsip mereka yang penting kenyang. Apalagi kalau didukung dengan harga yang murah dan jumlah sajian banyak. Ini akan menjadi jajanan yang paling laris dan cepat habis di sekolah. (hehehe sebuah jajanan idaman)

4.    Rasa

Mengenai rasa terkadang menjadi pilihan terakhir bagi anak – anak sekolah. jika jajanan tersebut sudah berasa manis maka sudah dapat dikatakan enak. Ataupun jika jajanan tersebut berupa makanan yang pembuatannya digoreng hanya cukup penjual menyiapkan saos, sambal dan kecap. Makanya penulis tidak menempatkan rasa jajanan diawal karena memang tidak menjadi sebuah prioritas bagi anak – anak sekolah.
Inilah beberapa aspek dapat dimanfaat produsen jajanan sekolah yang memang penulis sepintas mengamati kebiasaan anak – anak sekolah mengenai jajanan sekolah.

Beberapa akan coba penulis paparkan walaupun tidak banyak mengenai jajanan Anak Sekolah yang paling laris pada saat – saat ini. Jajanan ini tidak hanya berkaitan dengan makanan tetapi minuman pun juga termasuk jajanan.

1. Es Teh Manis

Minuman ini selalu menjadi favorit bagi anak – anak. Selain harganya relatif murah dan memang sangat menyegarkan sesuai dengan cuaca tropis seperti di Indonesia.
Jajanan Anak Sekolah Paling Laris

2.     Cilok


Jajanan Anak Sekolah Paling Laris
Cilok yang merupakan singkatan dari Aci di Colok menjadi jajanan khas bandung ini sudah menjadi layaknya viral karena hampir tiap daerah ada. Jajanan yang cukup murah dan mengenyangkan yang cukup dipoles dengan bumbu kacang ataupun saos sambal sudah cukup menggoyang lidah.

3.    Cilor

Jajanan cilor saat ini hampir seluruh sekolah dan kantin menyediakannya. Jajanan yang khas sebuah inovasi dari cilok. Cilor perpaduan antara aci dan telur yang membuat citarasa berbeda jika ditambahkan dengan bumbu pedas dan asin. Sehingga menjadi jajanan yang cukup menggiurkan dan laris dikalangan anak sekolah.

4.    Seblak

Seblak makanan dan jajanan khas bandung ini cukup menjadi viral saat – saat ini. Seblak yaitu jajanan yang bercita rasa gurih dan pedas, yang hanya dibuat dengan kerupuk basah yang dimasak dengan sayuran dan dengan tambahan yang beragam antara lain mie, sosis, bakso, makaroni dan lain – lain.
Dengan harga relatif murah antara 3000 – 5000 rupiah sudah cukup memuaskan anak – anak sekolah dengan jumlah porsi yang lumayan dan rasa yang gurih dan lezat.
Jajanan Anak Sekolah Paling Laris

5.    Somay

Jajanan yang berpenampilan biasa ini menjadikan jajanan yang cukup laris. Jajanan yang dalam kategori sedang baik dari segi harga dan porsinya menjadikan somay jajanan yang cukup ditunggu – tunggu dan pilihan kaum pelajar. Apalagi rasa ikan dalam jajanan somay lebih terasa pasti membuat ketagihan bagi yang memakannya. 
Jajanan Anak Sekolah Paling Laris

6.    Batagor

Jajanan yang sangat dengan somay ini sudah pasti menjadi jajanan yang laris. Bagi pelajar laki – laki ini merupakan menu jajanan pilihan utama. Selain jumlah atau porsinya cukup mengenyangkan ditambah lagi harga sesuai kantong pelajar.

Demikian penulis paparkan beberapa jenis Jajanan Anak Sekolah Paling Laris . Ini hanya beberapa saja kami sajikan karena masih banyak lagi jenisnya dan biasanya setiap daerah memiliki jajanan sekolah yang khas. Beberapa contoh diatas biasanya hampir ada setiap daerah khususnya JABODETABEK. Dan pembaca perlu ketahui dengan bergantinya masa atau tahun terkadang bermunculan jenis jajanan baru yang lebih kreatif dan inovatif. Produsen berlomba – lomba dalam menyajikan jajanan untuk menuju kepada Jajanan yang laris bagi anak – anak sekolah.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon