Rabu, 17 Agustus 2016

Baru !! Info Pendaftaran CPNS Kemdikbud 2016 Sampai 31 Agustus 2016 Seleksi Secara Online Untuk 93 Kabupaten

CPNS Kemdikbud 2016

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama dengan 93 Kabupaten di daerah khusus (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (3T) dan Terpencil) membuka kesempatan bagiLulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) pasca Program Sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T), PPG S1 PGSD Berasrama, PPG SMK Kolaboratif, PPG Basic Science, dan PPGT untuk menjadi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Guru dengan ketentuan sebagai berikut:

CPNS Kemdikbud 2016


PENGUMUMAN
NOMOR :
30660/A3/KP/2016
TENTANG
PENERIMAAN CALON
APARATUR SIPIL NEGARA(CASN)GURU GARIS DEPAN (GGD)
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
TAHUN 2016
Kementerian   Pendidikan   dan   Kebudayaan   (Kemendikbud) bekerja   sama   dengan 93 Kabupaten  di  daerah khusus  (Terdepan,  Terluar,  dan  Tertinggal  (3T) dan  Terpencil) membuka kesempatan bagi Lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) pasca Program Sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal(SM-3T), PPG S1 PGSD Berasrama, PPG SMK Kolaboratif, PPG Basic Science, dan PPGTuntuk menjadi Calon Aparatur Sipil Negara(CASN) Guru dengan ketentuan sebagai berikut.

I.INFORMASI UMUM
1.Formasi ini dibuka khusus bagi para lulusan Program Profesi Guru (PPG) pasca Program Sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T), PPG S1 PGSD Berasrama, PPG SMK Kolaboratif, PPG Basic Science, dan PPGT untuk diangkat sebagai CASN daerah dengan jabatan tenaga fungsional guru dan ditempatkan di salah satu dari 93 kabupaten (lihat Lampiran I).
2.Proses seleksi yang dilaksanakanmeliputi:
a.seleksi  administrasi, dilaksanakan  bagi  semua  pelamar  yang telah  mendaftar pada sistem pendaftaran CASN online;
b.Seleksi  Kompetensi  Dasar  (SKD), dilaksanakan  bagi  semua  pelamar  yang memenuhi  persyaratan  sebagaimana  tertuang  dalam  tata  cara  pendaftaran. Seleksi  dilaksanakan  menggunakan  sistem Computer  Assisted  Test (CAT), dengan cakupan materi meliputi Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensia Umum, dan Tes Karakteristik Pribadi.
3.Untuk  mengikuti  setiap  tahapan  dalam  seluruh  proses  penerimaan  CASN GGD Kemendikbud
, PELAMAR   TIDAK   DIPUNGUT   BIAYA   APAPUN.   Pelamar dimohon  tidak  terpancing  oleh  tawaran  dari  oknum/pihak  manapun  yang mengaku  dapat  membantu meloloskan  untuk
dapat  diterima  sebagai  CASNGGD Kemendikbud.

II.PERSYARATAN UMUM
1.Warga Negara Republik Indonesia.
2.Berusia  antara  18  (delapan  belas)  tahun  dan  35  (tiga  puluh  lima)  tahun  pada tanggal 18 Agustus2016. Bagi pelamar yang berusia lebih dari 35 (tiga puluh lima) tahun dan kurang dari 40 (empat puluh) tahun per tanggal tersebut, harus memiliki masa kerja  terus-menerus  sejak  1  April  1997  pada  instansi  pemerintah  dan/atau lembaga swasta yang berbadan hukum yang menunjang kepentingan nasional.
3. Sehat jasmani, rohani, dan bebas narkoba.
4. Berkelakuan  baik  dan  tidak  pernah  dihukum  penjara  atau  kurungan  berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap.
5. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan  hormat  sebagai  PNS/Anggota  TNI/Polri  atau  diberhentikan  tidak  dengan hormat sebagai pegawai swasta.
6. Tidak  berkedudukan  sebagai  CASN atau Aparatur  Sipil  Negara (ASN)  dan/atau tidak sedang menjalani perjanjian/kontrak kerja/ikatan dinas pada instansi lain, baik instansidi   dalam   maupun   di   luar   lingkungan   Kementerian   Pendidikan   dan Kebudayaan.
7. Bersedia  ditempatkan  di  seluruh  wilayah  Negara  Kesatuan  Republik  Indonesia yang ditentukan oleh pemerintah.

III. PERSYARATAN KHUSUS
1. Lulusan Program Profesi Guru (PPG) pasca Program Sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T), PPG S1 PGSD Berasrama, PPG SMK Kolaboratif, PPG Basic Science, dan PPGT;
2.Bersedia ditempatkan di satu dari 93 kabupaten daerah khusus (3T dan Terpencil) minimal 5 tahun atau sesuai dengan ketetapan di daerah masing-masing.

IV. RENCANA PENJADWALAN
1. Rencana penjadwalan dapat dilihat pada laman http://casn.kemdikbud.go.id.
2. Pelamar  dimohon  untuk  selalu  memonitor  perkembangan  seleksi  CASN GGD melalui laman tersebut.

V. TATA CARA PENDAFTARAN
1. Pelamar wajib memiliki alamat email yang aktif untuk mengikuti proses rekruitmen CASN GGD Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Pelamar  wajib  melakukan  pendaftaran/registrasi  secara  online  terlebih  dahulu ke laman pendaftaran CASN Online Kemendikbud dengan alamat https://registrasi.casn.kemdikbud.go.id dengan   memasukkan Nomor Sertifikat Pendidik, Program PPG yang diikuti, alamat email, dan password.
3. Setelah 24 jam sejak mendapat email konfirmasi berupa username dan password, pelamar melanjutkan proses pendaftaran dengan tahapan:
a. Login pada laman https://registrasi.casn.kemdikbud.go.id dengan memasukkan username dan password;
b. Membaca panduan yang berisi tentang tata cara pendaftaran dan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam proses pendaftaran;
c. Memilih jenis lamaran yang dituju;
d. Memilih Instansi (Kabupaten) yang dituju dan kualifikasi akademik sesuai ijazah yang dimiliki;
e. Memilih formasi yang tersedia sesuai dengan Instansi dan kualifikasi akademik yang diinput pada proses sebelumnya;
f. Melengkapi isian formulir data pendaftaran CASN Online. Pelamar wajib memilih zona  (wilayah)  tempat  seleksi  sesuai  dengan  yang  diinginkan.  Sistem akan menentukan tempat  dan  waktu pelaksanaan  seleksi sesuai  zona  yang  dipilih, dan akan diumumkan setelah masa pendaftaran berakhir;
g. Menyetujui pernyataan integritas  bahwa  data  dan  informasi  yang  disampaikan adalah benar, dan berkomitmen untuk melanjutkan proses lamaran apabila telah dinyatakan lulus pada tahap seleksi akhir;
h.Melakukan upload pasfoto dengan ketentuan:
1)berpakaian rapi dan sopan;
2)posisi badan dan kepala tegak sejajar menghadap kamera;
3)proporsi wajah antara 25%  -50% dari foto;
4)besar file maksimum 500 kb;
5)format .jpg atau .jpeg;
i. Mencetak Kartu Tanda Peserta Seleksi; 
j. Mencetak formulir pendaftaran.

VI. PROSES SELEKSI
1. Seleksi Administrasia. Seluruh peserta yang telah melakukan registrasi di aplikasi pendaftaran CASN Online wajib mengirimkan berkas kelengkapan untuk seleksi administrasi ke Panitia Seleksi CASN GGD Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan PO BOX  1525 –JKS 12015 Berkas disusun dengan urutan sebagai berikut:
1) Cetakan   (print   out) formulir   pendaftaran   CASN Online   yang   telah ditandatangani;
2) Surat  lamaran  yang  ditulis  tangan  dan  ditanda tangani  sendiri  dengan  tinta hitam, ditujukan kepada Bupati dibuat pada saat tanggal pendaftaran;
3) Fotokopi KTP yang masih berlaku;
4) Fotokopi Kartu Keluarga (KK);
5) Fotokopi  ijazah/STTB dan  transkrip nilai  yang  telah dilegalisir  oleh  pejabat yang  berwenang
.  Daftar  pejabat  yang  berwenang  melegalisir  fotokopi ijazah/STTB sebagaimana pada Lampiran II. Catatan:    Surat    keterangan    lulus/ijazah    sementara    tidak dapat digunakan untuk melamar.
6) Fotokopi sertifikat pendidik (bukan Akta Mengajar) yang telah dilegalisir oleh Dekan/Pembantu  Dekan  Bidang  Akademik  pada  perguruan  tinggi  tempat pelamar melaksanakan PPG.
7) Pasfoto ukuran 3 x 4 cm sebanyak 5 (lima) lembar, dengan menuliskan nama dan tanggal lahir di
balik pasfoto tersebut;
8) Daftar  riwayat  hidup  yang  ditulis  dengan  tangan  sendiri  memakai  huruf kapital/balok dan tinta hitam, serta telah ditempel pasfoto ukuran 3 x 4 cm.
9) Surat  Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang dikeluarkan oleh pihak yang berwajib/POLRI;
10) Surat  keterangan  sehat  jasmani  dan  rohani  dari  Dokter  (cacat  fisik  tidak berarti tidak sehat jasmani);
11) Surat keterangan tidak mengonsumsi/menggunakan narkotika, psikotropika, prekursor dan zat adiktif lainnya dari unit pelayanan kesehatan pemerintah;
12) Surat   Pernyataan   bermaterai   Rp6.000,00   yang   menyatakan   bersedia ditempatkan di  daerah  khusus  (3Tdan Terpencil)  selama  minimal 5  tahun atau sesuai dengan ketentuan daerah masing-masing, serta ditandatangani oleh pelamar (format sebagaimana Lampiran III).
13) Surat Pernyataan ditulis tangan memakai huruf kapital/balok dan tinta hitam yang berisi tentang:
a) tidak  pernah  dihukum  penjara  atau  kurungan  berdasarkan  putusan pengadilan  yang  telah  mempunyai  kekuatan  hukum  yang tetap,  karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan;
b) tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau  tidak  dengan  hormat  sebagai  Calon Pegawai  Negeri  Sipil/Pegawai Negeri   atau   diberhentikan   tidak   dengan   hormat   sebagai   pegawai BUMN/BUMD dan pegawai swasta;
c) tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil/Pegawai Negeri;
d) bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Republik Indonesia atau Negara lain yang ditentukan oleh pemerintah; dan
e) tidak menjadi anggota dan/atau pengurus partai politik. Format  surat  dimaksud  tersedia  pada  Keputusan  Kepala  BKN  Nomor  11 Tahun 2002, dan dapat diunduh di http://casn.kemdikbud.go.id.
14) Surat  Pernyataan  bermaterai  Rp6.000,00 yang  menyatakan tidak  sedang terikat   kontrak   kerja   pada   instansi   pemerintah/lembaga   swasta,   serta ditandatangani oleh yang bersangkutan;
15) Bagi  yang  usianya  lebih  dari  35  tahun  sampai  dengan  40  tahun  dan mempunyai  masa  pengabdian  pada  Instansi  pemerintah/lembaga  swasta yang  berbadan  hukum  sesuai  dengan  Peraturan  Pemerintah  Nomor  11 Tahun   2002,   harus   melampirkan   fotokopi   sah   surat   keputusan/bukti pengangkatan pertama sampai dengan terakhir.
b. Berkas kelengkapan dimasukkan dalam map dengan warna sebagai berikut.
1) Map warna  hijau untuk lulusan PPG SM-3T;
2) Map warna merah untuk lulusan PPG S1 PGSD Berasrama; 
3) Map warna kuning untuk lulusan PPG SMK Kolaboratif; 
4) Map warna biru untuk lulusan PPG Basic Science;
5) Map warna cokelat untuk lulusan PPGT.
c. Map berisi dokumen sesuai huruf b di atas dimasukkan ke dalam amplop warna 
cokelat. Pada pojok kiri atas amplop ditulis Kabupaten yang dilamar.   
2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
a. SKD diselenggarakan   bagi   pelamar   yang   telah mendaftar   pada   laman https://registrasi.casn.kemdikbud.go.id sesuai   dengan   ketentuan   tata   cara pendaftaran dan  telah mencetak Kartu Tanda Peserta Seleksi.
b. SKD dilaksanakan di masing-masing Tempat Uji Kompetensi (TUK).
c. Pada saat pelaksanaan SKD,  setiap  pelamar  wajib  menunjukkan Kartu Tanda Peserta Seleksi dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli yang masih berlaku yang digunakan  saat  registrasi  pendaftaran,  serta  mengisi  daftar  hadir  yang  telah dilengkapi dengan pas foto pelamar.
d. Mengingat seleksi menggunakan sistem CAT maka waktu dan tempat pelaksanaan seleksi agar dilihat secara cermat pada http://casn.kemdikbud.go.id.
e. Pelamar  hanya  dapat  melaksanakan SKD  pada tempatdan  waktu yang  telah ditentukan.
f. Materi SKD  meliputi  Tes Wawasan  Kebangsaan,  Tes  Inteligensia  Umum,  dan Tes Karateristik Pribadi.

VII. PENGUMUMAN KELULUSAN
1. Pengumuman  akan  dilakukan  oleh Panitia  Seleksi  Nasional  (Panselnas) dan Bupati, serta dimuat ulang (direlay) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui laman http://casn.kemdikbud.go.id dan www.kemdikbud.go.id/main, setelah memperoleh penetapan dari Panselnas.
2. Jadwal pengumuman kelulusandirencanakan dilaksanakan pada minggu IV bulan September 2016
, atau sesuai ketetapan Kementerian PAN dan RB lebih lanjut.
3.Penetapan/keputusan Panitia Pengadaan CASN GGD Kemendikbud Tahun 2016bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.

VIII. KETENTUAN LAIN
1. Setiap pelamar wajib mematuhi dan mengikuti seluruh ketentuan yang ditetapkan.
2. Apabila  dikemudian  hari  pelamar  terbukti  memberikan  data  yang  tidak  sesuai dengan fakta  atau  melakukan  manipulasi  data  baik  pada  setiap tahapan  seleksi maupun setelah diangkat menjadi CASN/ASN maka kelulusan yang bersangkutan dinyatakan batal dan/atau yang bersangkutan diberhentikan sebagai CASN/ASN.
3. Apabila  pelamar  telah  dinyatakan  lulus  tetapi  tidak  menyampaikan  kelengkapan berkas untuk
penetapan NIP sampai batas waktu yang ditentukan, maka kelulusan yang bersangkutan   dinyatakan   batal   dan/atau   yang   bersangkutan   dianggap mengundurkan diri.
4. Panitia seleksi tidak melayani komunikasi dengan pelamar dalam bentuk apapun. Pelamar diharapkan selalu memantau perkembangan informasi yang diumumkan pada  laman http://casn.kemdikbud.go.id.

Pelamar  dapat  mengirimkan  email  ke helpdesk.casn@kemdikbud.go.id apabila memerlukan penjelasan lebih lanjut.
Dikeluarkan di Jakarta
Pada tanggal 12 Agustus 2016
Sekretaris Jenderal,


TTD.
Didik Suhardi
NIP
196312031983031004

Tata Cara Pendaftaran


HARAP BACA dengan seksama keterangan dan panduan berikut ini

TAHAP 1 PILIH JENIS LAMARAN

Pilih jenis tenaga Guru Garis Depan

TAHAP 2 PILIH UNIT KERJA DAN KUALIFIKASI AKADEMIK
Unit Kerja
Pilih unit kerja yang dilamar dengan cara mengklik salah satu dari tabel unit kerja yang tersedia sesuai formasi yang diinginkan.
Kualifikasi Akademik
Pilih kualifikasi akademik dengan cara mengklik menu dropdown. Kualifikasi Akademik yang ditampilkan adalah sesuai dengan yang dibutuhkan pada Unit Kerja yang Anda lamar. Bilamana pilihan tersedia tidak sesuai dengan jurusan/bidang studi Anda, Mohon tidak meneruskan proses pendaftaran online CASN KEMDIKBUD. Untuk kualifikasi pendidikan lulusan luar negeri, disesuaikan dengan kualifikasi pendidikan yang tersedia.

TAHAP 3 PILIH LOWONGAN FORMASI YANG DILAMAR

Pilih salah satu formasi yang akan dilamar dari daftar yang tersedia. Formasi yang tampil disesuaikan dengan pilihan unit kerja dan kualifikasi akademik yang dipilih pada tahap sebelumnya.

TAHAP 4 PENGISIAN DATA LAMARAN
Email: Tertera sesuai alamat email yang digunakan
Nomor Identitas: Tertera sesuai nomor identitas kependudukan yang ditulis pada saat pendaftaran awal
Nama: Isikan nama Anda dengan lengkap tanpa titel/gelar sesuai dengan yang tertera pada Ijazah Anda.
Gelar: Isi kolom dengan gelar akademik, gelar depan jika digunakan didepan misal: dr., Dr., dan gelar belakang jika digunakan dibelakang misal: S.Kom., M.TI., dll
Jenis Kelamin: Pilih salah satu. Pilihan yang tersedia : Laki-Laki, Perempuan.
Status Pernikahan: Pilih salah satu. Pilihan yang tersedia : Belum Nikah, Menikah, Janda/Duda.
Tempat Lahir: Pilih dengan cara mengklik menu dropdown pada kolom Kabupaten/Kota Kelahiran sesuai dengan tempat lahir Anda.
Tempat Lahir Lain: Apabila nama tempat lahir Anda tidak terdapat dalam menu dropdown Tempat Lahir, ketik nama kota tempat kelahiran Anda dan nama negara apabila di luar negeri, contoh: Los Angeles, California, Amerika Serikat.
Tanggal lahir: isi tanggal lahir Anda dengan format Tanggal-Bulan-Tahun (DD-MM-YYYY) atau pilih dengan cara meng-klik pada kotak isian untuk menampilkan kalender. Untuk pilihan tahun lahir klik pada kolom tanggal bagian sampai keluar format tahun lalu pilih tahun yang sesuai, lanjutkan dengan memilih bulan dan tanggal lahir Anda, kemudian klik pada tanggal. Contoh: 06-12-1987. Bagi pelamar yang berusia lebih dari 35 tahun dan belum berusia 40 tahun harap membaca tata cara pendaftaran.
Alamat: Isikan alamat yang sesuai dengan yang tercantum di NIK/KTP (nama jalan, no.rumah, RT / RW, Kelurahan, Kecamatan dan Kode Pos).
Kota/Kabupaten Domisili: Pilih dengan cara mengklik menu dropdown pada kolom Kabupaten/Kota Domisii sesuai dengan tempat tinggal Anda.
Agama: Pilih dengan cara mengklik menu dropdown yang tersedia pada kolom Agama.
Lokasi Tes Kompetensi Dasar: Pilih dengan cara mengklik menu dropdown yang tersedia pada kolom wilayah yang dipilih untuk lokasi tempat pelaksanaan Tes Kompetensi Dasar yang diinginkan.
Informasi Detail Pendidikan: Memuat data tingkat pendidikan, kualifikasi, dan formasi yang telah dipilih pada tahap sebelumnya.
Asal Sekolah/Perguruan Tinggi: Isikan nama Perguruan Tinggi/Sekolah Asal sesuai dengan yang tertera pada Ijazah Anda. Harap tidak menyingkat penulisan nama perguruan tinggi. Contoh penulisan yang benar: Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Universitas Budi Luhur.
Nomor Ijazah: Isikan nomor ijazah sesuai dengan yang tertera pada Ijazah Anda. Untuk Ijazah Luar Negeri diharuskan mencantumkan juga nomor Keputusan hasil penyetaraan dari Direktorat Pendidikan Tinggi Kemdikbud bagi kelompok Sarjana dan Direktorat Pendidikan Menengah Kemdikbud bagi kelompok SLTA.
Tanggal Ijazah: Isikan tanggal Ijazah sesuai dengan yang tertera pada Ijazah Anda dengan format Tanggal-Bulan-Tahun (DD-MM-YYYY) atau klik pada kolom tanggal untuk menampilkan kalender bantuan. Contoh: 09-12-2014
IPK: Untuk tingkat Sarjana, Isikan nilai IPK sesuai dengan yang tertera pada transkrip nilai. Contoh: 3.5 (gunakan titik untuk pemisah desimal).
Isikan minimal satu, maksimal tiga data Pengalaman Mengajar yang pernah dilakukan, isi setiap data dengan lengkap.Klik Lanjutkan untuk melanjutkan ke Tahap 5

 TAHAP 5 KONFIRMASI DAN PERNYATAAN

Konfirmasi rincian isian data formulir pendaftaran. Harap anda periksa kembali dengan seksama sebelum mengirimkan/menyimpan data, data yang sudah tersimpan TIDAK BISA diubah kembali apabila terdapat kesalahan pengisian! Selanjutnya Anda harus mengklik pada kolom centang kalimat pernyataan sebagai tanda bahwa Anda setuju dengan pernyataan bahwa: Surat Pertanggungjawaban Mutlak

Saya bersedia bertanggungjawab mutlak dan menyatakan bahwa:

Dokumen-dokumen yang saya miliki sesuai dengan yang dipersyaratkan;
Semua data yang saya isi sudah sesuai dan sebenar-benarnya;
Apabila terdapat ketidaksesuaian dokumen dengan yang dipersyaratkan maka lamaran saya dapat dibatalkan;
Apabila dikemudian hari terbukti memberikan data yang tidak sesuai fakta/sengaja melakukan manipulasi data baik pada setiap tahapan seleksi maupun setelah diangkat menjadi CASN maka:
Kelulusan saya dapat dinyatakan batal dan/atau diberhentikan sebagai CASN.
Melanggar UU ITE Nomor 11 Tahun 2008 Pasal 35 dan Pasal 51 dengan ancaman pidana penjara paling lama 12 (dua belas) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 12.000.000.000,- (dua belas milyar rupiah).

PERHATIAN!!! Mohon periksa sekali lagi data yang dimasukkan apakah sudah benar, jika Anda yakin sudah benar maka klik tombol "SIMPAN". Jika Anda sudah meng-klik "Simpan", Anda sudah tidak bisa mengubah data Anda lagi.

CETAK FORMULIR DAN KARTU UJIAN ANDA Isian Formulir Pendaftaran Online dan Kartu Ujian berupa file PDF yang dapat di Unduh atau dicetak langsung dengan Kertas A4. Jika printer telah tersedia.


Lampiran III

SURAT PERNYATAAN
BERSEDIA DITEMPATKAN DAN MELAKSANAKAN TUGAS DI FASILITAS PELAYANAN PENDIDIKAN DI DAERAH KHUSUS (TERDEPAN, TERLUAR, DAN TERTINGGAL(3T) DAN TERPENCIL)

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama    :   ..........................................................................
Tempat/Tgl. Lahir :   ..........................................................................
Pendidikan/Jurusan :   ..........................................................................
Alamat   :   ..........................................................................

dengan  ini  menyatakan  dengan  sesungguhnya  bahwa  apabila  saya  diterima menjadi  Calon
Aparatur  Sipil  Negara,    saya    bersedia    ditempatkan dan  melaksanakan    tugas   di fasilitas pelayanan pendidikandi  daerah  khusus (terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) dan terpencil) yang ditentukan  Pemerintah  sekurang-kurangnya  5  (lima)  tahunatau  sesuai dengan ketentuan kabupaten setempat. Apabila  saya  tidak  memenuhi  pernyataan  ini,  saya  bersedia  diberhentikan tidak  dengan hormat sebagai Calon Aparatur Sipil Negara/Aparatur Sipil Negara.

Demikian  surat  pernyataan  ini  saya  buat  dengan  sesungguhnya  untuk dapat digunakan
sebagaimana mestinya.
................., .........................
Yang membuat pernyataan, 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon