Jumat, 11 Mei 2018

Cara Cek Daftar Hadir Online GTK Kemendikbud 2018/2019

Cek Daftar Hadir Online GTK - Aplikasi absen kehadiran guru dan tenaga kependidikan (GTK) akan segera di efektifkan mulai tahun pelajaran 2018-2019, buat yang belum mengetahui apa itu aplikasi kehadiran online silakan baca Disini.

Aplikasi kehadiran online dimaksudkan untuk membuat sistem informasi manajemen tentang kehadiran guru dan tenaga kependidikan yang terdaftar dalam data pokok pendidikan atau Dapodik untuk memberikan informasi kepada pemerintah khususnya dinas pendidikan dan Ditjen gtk tentang kehadiran guru dan tenaga kependidikan pada sekolah tempat mereka mengajar.

Dari data absensi ini akan menjadi pertimbangan pemerintah dalam memberikan tunjangan profesional guru dengan beban mengajar dan ketentuan lain untuk mendapatkannya. Dalam sistem informasi manajemen ini semua pihak akan dapat melakukan kroscek data baik sekolah, dinas kabupaten/kota atau provinsi maupun guru dan tenaga kependidikan itu sendiri. Sehingga aplikasi ini mendorong transparansi dan efektivitas birokrasi untuk penyaluran tunjangan kepada guru dengan tepat dan cepat.

Guru dan tenaga kependidikan gtk dapat melihat laporan hasil input absensi kehadiran secara online melalui halaman info gtk, sehingga kesalahan yang terjadi dapat langsung diperbaiki dengan berkoordinasi dengan sekolah.

Cara Cek Daftar Hadir Online GTK :

  • Buka halaman http://gtk.kemdikbud.go.id
  • Silakan login menggunakan nomor induk kependudukan sesuai KTP yang terdaftar di Dapodik dan tanggal lahir.
  • Dalam halaman info gtk pada bagian paling bawah akan terlihat rekap absensi yang diinput oleh sekolah sesuai dengan kehadirin guru dan PTK
  • Yang perlu diingat adalah data yang masuk ke dalam rekap kehadiran tersebut adalah data yang telah diinput Melalui aplikasi SIM Kehadiran Guru setidaknya sepekan sebelumnya jadi data tidak langsung masuk ke system ketika data di input.
Demikianlah cara cek kehadiran online oleh guru dan tenaga kependidikan secara mandiri, semoga dapat membantu dan bermanfaat untuk semuanya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon