Senin, 17 Juli 2017

Inilah Cara Mengetik Lebih Cepat Dari 10 Jari

Cara Mengetik Lebih Cepat Dari 10 Jari Dengan Teknologi Speech to Text

Salam sobat dunia pendidikan dalam artikel kali ini saya akan berbagi tips bagaimana cara mengetik dengan cepat dan mudah serta lebih hemat energi dan waktu tentunya. Dalam akhir artikel ini juga akan diberikan sebuah video tutorial tentang bagaimana mengetik dengan cepat yang kecepatannya bisa lebih cepat dari teknik mengetik 10 jari sekalipun.

Dalam dunia pendidikan mengetik atau membuat naskah tertulis dalam bentuk digital memang sudah menjadi makanan sehari-hari, seperti membuat dokumen pembelajaran (silabus pembelajaran, rencana Program pembelajaran atau RPP, program tahunan pembelajaran atau prota, program semester pembelajaran atau prosem, pembuatan KKM dan laporan nilai serta lain sebagainya yang tentunya tidak dapat dipisahkan dari proses belajar mengajar di sekolah maupun di perguruan tinggi.

Belajar Mengetik 10 Jari Mudahkah?

Tidak semua orang memiliki kemampuan mengetik dengan cepat seperti menggunakan 10 jari untuk melakukan pengetikan sehingga setiap ujung jari memiliki fungsi secara spesifik untuk menekan tombol keyboard biasanya teknik ini di tandai dengan tombol F pada keyboard untuk patokan telunjuk tangan kiri dan tombol J pada keyboard untuk patokan telunjuk pada tangan kanan, sehingga lebih cepat bahkan untuk orang yang sudah expert atau mahir dapat melakukan pengetikan tanpa melihat papan keyboard yang akan di tekan. Kemampuan semacam ini memang dapat diusahakan dengan berlatih secara terus menerus dan sungguh-sungguh, namun tidak semua orang mampu bertahan dengan latihan yang melelahkan, bagaimana dengan sobat?

Kabar baiknya, di dunia yang masuk era digital ini perkembangan teknologi menjadi sangat pesat dan orang diberikan begitu banyak kemudahan yang dapat dinikmati hanya sekedar untuk bersosial ataupun teknologi yang kita gunakan untuk menyelesaikan banyak pekerjaan termasuk dalam mengetik di komputer atau laptop yang sekarang bisa dilakukan dengan mudah dengan menggunakan teknologi speech to text yang sudah bisa kita gunakan secara gratis hanya dengan koneksi internet dan perangkat komputer berheadset.

Mungkin dari sobat ada yang bertanya teknologi speech to text itu seperti apa sih? Bagi Anda yang sudah mencobanya barangkali tidak heran lagi, karena ini banyak kita jumpai pada aplikasi aplikasi messenger atau media sosial bahkan office dalam perangkat atau device berbasis android.

Aplikasi Speech to Text Android

Contoh aplikasi speech to text yang ada pada Google Play adalah speechnotes, speech to text, let's Not speech to text, Gboard atau Google Keyboard dan voice to text serta aplikasi berbasis keyboard yang memiliki fasilitas speech to text yang bisa dijumpai di Google Play yaitu gO Keyboard, swiftKey Keyboard, kika keyboard, cheetah keyboard, touchPal keyboard dan lain sebagainya yang bisa sobat searching sendiri dalam Kolom pencarian aplikasi di Google Play.

Bagaimana cara menggunakannya?
Caranya cukup mudah untuk dilakukan di perangkat Android karena secara default perangkat berbasis Android dibekali dengan google Voice Typing yang membantu pengguna untuk mengetik secara cepat dalam kondisi online tersambung ke internet. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini yang menunjukkan pemilihan keyboard pada posisi menulis di aplikasi WhatsApp pada perangkat samsung Galaxy yang telah terinstall gO Keyboard. 

Cara Mengetik Lebih Cepat Dari 10 Jari

Cara Mengetik Lebih Cepat Dari 10 Jari2


Pemilihan keyboard Google Voice Typing menggunakan aplikasi bawaan dari Android yang bisa digunakan tanpa menginstal google Play Store Play Store sedangkan aplikasi Go Keyboard harus kita tambahkan sendiri smartphone yang kita miliki. Penggunaan aplikasi ini mengharuskan perangkat memberikan izin akses ke mikrofon untuk menggunakan suara sebagai media inputan akan diproses oleh aplikasi mengambil data dari server Google secara online dan ditempatkan pada papan ketik yang kita miliki.

Itulah trik cepat menulis pada aplikasi android, nah yang menjadi pertanyaan adalah apakah cara ini bisa dipakai untuk melakukan pengetikan di komputer atau PC?


Bila kita berbicara tentang Android pastinya kita akan mendapati perangkat teknologi informasi yang berkaitan dengan perangkat mobile seperti tablet dan smartphone, berbeda dengan notebook, laptop, pC atau komputer yang biasanya menggunakan sistem operasi berbasis Windows, linux, apel dan lain sebagainya yang tidak bisa secara langsung digunakan untuk menjalankan aplikasi Android di dalam pC atau komputer, karena kita akan membutuhkan sebuah emulator yang harus terinstal terlebih dahulu pada komputer atau PC sehingga kita dapat menginstal aplikasi Android dalam komputer atau PC. Nah cara ini yang pernah saya pikirkan sebelum menemukan sebuah website yang bisa digunakan untuk menulis cepat menggunakan speech to text yaitu di halaman website speechnotes.co.

Gunakan halaman speechnotes.co untuk mengetik dengan speech to text

Dalam website tersebut kita dapat menggunakan layanan speech to text secara gratis dalam banyak bahasa yang bisa dipilih. Website tersebut akan memiliki akses ke mikrofon atau headset yang terhubung pada komputer kita kita bisa dengan mudah menggunakannya untuk membuat sebuah naskah tulisan untuk berbagai kepentingan yang sering kita gunakan.

Caranya cukup mudah yaitu:
  • Buka halaman website https://speechnotes.co
  • Pastikan headset atau mikrofon sudah terkoneksi dengan komputer atau PC
  • Pilih bahasa pengetikan yang akan digunakan
  • Klik pada Icon microphone yang berwarna merah
  • Proses speech to text perjalanan ditandai dengan noda merah yang bergerak ketik pada icon microphone dan bisa dilihat pada halaman Note akan muncul tulisan yang sesuai dengan apa yang kita ucapkan
  • Selesai membuat artikel atau naskah kita bisa mengcopy hasilnya dengan mengklik Icon kopi pada pojok kanan bawah dan artikel dapat kita pindahkan ke media lain yang akan kita gunakan
  • Selesai

Video Tutorial Cara Mengetik Lebih Cepat Dari 10 Jari




Demikian artikel Cara Mengetik Lebih Cepat Dari 10 Jari semoga bermanfaat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon