Minggu, 16 Juli 2017

Cara Convert File Doc ke PDF dan Sebaliknya File PDF ke Word Dengan Video Tutorial Mudah Dan Cepat

Cara Convert File Pdf ke Word dan Sebaliknya Dengan Video Tutorial

Salam sobat dunia pendidikan, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman bagaimana cara membuat file berekstensi PDF dari file yang kita buat di Microsoft Word yang berekstensi doc, demikian juga sebaliknya bagaimana kita meng convert file PDF ke dalam file berekstensi doc sehingga bisa kita edit lagi konten yang ada pada file PDF tersebut pada Ms. Word. Cara yang akan saya bagikan merupakan cara yang paling mudah menurut pengalaman saya untuk meng convert word ke PDF dan convert PDF ke Word karena tidak membutuhkan keahlian khusus sehingga bisa dilakukan oleh semua orang.

Kendala yang paling umum dijumpai menurut pengalaman saya adalah ketika seseorang mempunyai file dalam bentuk PDF kemudian dia harus mengedit apa yang ada dalam file PDF tersebut namun tidak bisa dilakukan karena memang file PDF tidak bisa serta merta langsung diedit, nah solusinya adalah yang paling gampang kita Ubah menjadi file dokumen sehingga pada tersebut nanti bisa diedit dalam microsof Word dengan mudah, baru setelah itu kita convert lagi ke file PDF untuk mendapatkan file baru yang telah diedit.
 Cara Convert File Doc ke PDF dan Sebaliknya File PDF ke Word Dengan Mudah Dan Cepat

File PDF memang merupakan salah satu jenis file yang sering digunakan dalam berbagai instansi perusahaan atau organisasi dalam membuat banyak dokumen seperti laporan, invoice, surat menyurat dan lain sebagainya yang sering kita temui dalam kehidupan kita sehari-hari. PDF merupakan kepanjangan dari portable document format yang merupakan sebuah format berkas yang pernah dibikin oleh adobe system dari tahun 1993 sampai sekarang.

Cara membuat file PDF dengan mengconvert dari file dokumen (ms. word)

Cara Pertama
Convert File Doc ke PDF di ms word
 
Untuk meng convert file microsoft Word menjadi file PDF untuk saat ini memang sudah tidak sesulit beberapa tahun kebelakang sebelum muncul microsoft Word versi 2010, 2013 dan 2016 karena dalam versi 2010, 2013 dan 2016 microsoft Word sudah dapat menyimpan file dalam bentuk pDF secara langsung dengan menggunakan menu file save as pDF sehingga kita langsung mendapatkan tersebut tidak perlu mengkonversinya lagi dengan aplikasi yang lain. Itulah salah satu teknik yang paling mudah untuk membuat file PDF dari microsof Word yang sering saya gunakan.

Cara Kedua
membuat file pdf dengan bullzip pdf printer

Selain cara tersebut di atas saya juga biasa menggunakan aplikasi printer yang telah terinstall di komputer atau laptop. Hal ini dulu saya lakukan sebelum memiliki microsof Word versi 2010 dan masih saya gunakan ketika saya menggunakan laptop atau komputer yang officenya masih menggunakan versi 2007 ke bawah.

Aplikasi yang saya gunakan adalah bullzip PDF printer yang bisa di download secara gratis di internet. Cara menggunakannya cukup mudah, setelah aplikasi terdownload senapan software instal d komputer atau laptop akan digunakan, setelah itu buatlah file pada Microsoft word kemudian masuk ke menu print dan ketika memilih printer pilih bullzip PDF printer yang telah kita install sebelumnya kemudian sesuaikan ukuran kertas yang digunakan pada menu properties printer tersebut. Ketika sobat mulai mem-print dokumen maka file baru akan dibuat dalam format pDF. Cukup mudah dan tidak ribet karena prosesnya sama seperti kita mem-print dokumen ke printer hanya saja hasilnya berbentuk file.

Itulah dua cara yang biasa saya lakukan untuk membuat file dalam bentuk PDF yang sangat mudah dilakukan oleh siapa saja. Selanjutnya adalah bagaimana cara merubah file PDF yang sudah kita miliki menjadi file dokumen kembali yang bisa diedit di Microsoft Word.

Cara Convert PDF Ke Word Offline/Online


Merubah File PDF Ke Doc Di Ms. Word 2016
 
Cara meng convert file PDF ke Word atau file berekstensi doc dan docx dapat dilakukan dengan sangat mudah baik yang online ataupun yang offline. Ketika di atas cara merubah file dokumen ke file PDF pada Microsoft Word 2010 ke atas cukup hanya dengan melakukan save as ke format PDF, maka sebaliknya pada convert pDF ke Word juga bisa dilakukan melalui aplikasi Microsoft Word yang terbaru, kebetulan yang telah saya coba adalah pada aplikasi Microsoft Word 2016 dan berhasil untuk meng convert ke format dokumen dengan cara membuka berkas berformat PDF menggunakan aplikasi Microsoft Word 2016 dan secara langsung yang akan terbuka dalam aplikasi microsoft Word tersebut, jadi proses converting nya iyalah saat file dibuka oleh Microsoft Word dan langsung menjadi file dokumen.

Convert Pdf ke Word Online
Berikutnya adalah cara convert PDF ke word secara online melalui situs pDF to Word di pdf2docx.com. Untuk menggunakan website Converter PDF dokumen ini cukup mudah dilakukan yang penting sobat dalam kondisi online untuk mengakses internet dengan langkah-langkah sebagai berikut:
halaman pdf2docx

  • Pertama siapkan file PDF yang akan dikonversi ke dokumen
  • Kemudian buka pdf2doc.com dari Browser chrome atau Firefox
  • Setelah terbuka halaman pdf2doc disana terdapat beberapa tabmenu yang bisa dilakukan dalam mengkonversi file PDF ke dalam beberapa format file yang lain seperti teks, jpg, png dan xps juga sebaliknya dari hampir semua format file yang ada untuk dikonversi menjadi file PDF pada menu Any to PDF.
  • Silakan sobat pilih pDF to doc atau PDF to docx
  • Kemudian masuk ke menu upload file dan pilih file pDF yang telah disiapkan untuk di convert ke Word
  • Dan Tara, file dalam bentuk Microsoft Word sudah siap untuk di download ketika proses upload selesai ke website tersebut 
download file word dari pdf2docx
  • Terakhir silakan download file tersebut ke komputer sobat
File yang telah didownload tentunya dapat diedit lagi di Microsoft Word dan kemudian jika sahabat sekalian menginginkan file PDF lagi silahkan ulangi langkah pertama di atas tentang cara convert word ke PDF.

Untuk lebih jelasnya silakan lihat video tutorial berikut ini:


Demikian sharing sederhana  Cara Convert File Doc ke PDF dan Sebaliknya File PDF ke Word Dengan Mudah Dan Cepat yang mungkin sangat simple untuk dilakukan mudah-mudahan bermanfaat buat rekan-rekan sobat blogger khususnya para guru dan pelaku dunia pendidikan di indonesia.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon